Obat Alami untuk mengatasi Tenggorokan Gatal

Obat Alami untuk Tenggorokan Gatal – Tenggorokan yang Gatal merupakan salah satu gejala awal dari radang tenggorokan dan Infeksi pada saluran pernapasan, untuk menyembukan tenggorokan gatal membutuhkan pengobatan yang intensif dan butuh beberapa hari untuk sembuh. Timbulnya tengorokan yang gatal juga bisa menimbulkan beberapa masalah yang lain seperti sakit ketika menelan makanan, tenggorokan terasa nyeri, dan demam. bahkan Masalah tenggorokan gatal juga menjadi pemicu batuk berdahak. oleh karena itu sebelum mengobatinya Anda perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab gatal pada tenggorokan. ada beberapa hal yang menyebabkan tenggorokan menjadi gatal yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini.

Penyebab Tenggorkan Gatal Disertai Batuk:

- Alergi, Penyebab tenggorokan gatal juga bisa disebabkan oleh alergi dari makanan atau debu yang terhirup, gejalanya bisa menyebabkan hidung meler, napas sesak, dan mata sering mengeluarkan air.

- Iritasi, Iritas juga menjadi pemicu tenggorokan gatal, umumnya iritasi ini akan dialami oleh perokok aktif maupun pasif, polusi serta zat kimia juga menjadi penyebab iritasi ini muncul.

- Infeksi, Umumya penderita tenggorokan gatal disebabkan oleh infeksi, khususnya dengan infeksi saluran pernapasan yang bersamaan akan menjadi pemicu penyakit lain seperti radang tenggorokan. Penyebab infeksi ini ditimbulkan oleh beberapa virus, jamur, dan bakteri, umumnya infeksi ini lebih rentan menyerang orang yang sistem imunnya sedang menurun

Obat alami yang digunakan untuk sakit tenggorokan gatal

Bila Anda mengalami tenggorokan gatal yang menyebabkan Anda sulit bernapas (sesak), dan menimbulkan ruam disertai dengan gatal, Segera mungkin untuk periksa ke Dokter ahli, Karena hal ini kemungkinan gejala reaksi anaflaksis, reaksi ini cukup berbahaya bahkan dapat mengancam jiwa Anda.

Tapi jika sakit yang Anda derita hanya tenggorokan gatal saja, Anda bisa mencoba beberapa obat batuk gatal tenggorokan tradisional alami seperti berikut ini

Obat Batuk Gatal Tenggorokan Tradisional Paling Ampuh

Obat batuk gatal tenggorokan :

1. Menggunakan madu dan campuran jahe

Madu yang banyak sekali memiliki khasiat juga sangat efektif untuk meredakan tenggorokan gatal yang disertai batuk, untuk membuatnya pun tidak begitu sulit. Anda hanya perlu menyiapkan madu, setengah irisan lemon, dan beberapa potong kecil jahe. Cara membuatnya ;

- Masukkan madu ke dalam gelas yang berisi air panas

- Tambahkan Peras lemon yang sudah disiapkan tadi

- Kemudian campurkan jahe yang sudah diparut

- Minum obat batuk gatal tenggorokan tersebut beberapa kali dalam sehari dengan rutin agar gatal tenggorokan cepat reda.

2. Campuran susu dan kunyit

Ramuan ini sudah dikenal untuk mengobati tenggorokan yang gatal sejak dulu, hal ini karena kunyit berkhasiat sebagai antiradang serta anti mikroba. cara pembuatannya pun cukup sederhana, Anda cuma perlu merebus susu yang sudah berisi kunyit didalamnya hingga mendidih, setelah itu tunggu sampai ramuan tradisional tersebut dingin, kemudian minum secara rutin. Dianjurkan meminum obat alami pada malam hari menjelang tidur.

3. Air garam

Khasiat garam untuk meringankan tenggorokan gatal cukup efektif, sebab air garam bermanfaat untuk mengurangi lendir di tenggorokan yang menjadi penyebab gatal. Cara penggunaannya dengan menambahkan 1/2 sdt garam ke dalam 250ml air hangat, gunakan air garam tersebut sebagai obat kumur dan jangan di minum. lakukan rutin 2 sampai 3 kali sehari hingga tenggorokan gatal mereda.

4. Minum air sebanyak-banyaknya

Tenggorokan yang gatal bisa juga disebabkan oleh dehidrasi, karena keringnya tenggorokan tidak mampu menjaga jaringan sensitif pada tenggorokan, Minum air putih 8 gelas sehari sangat pentig untuk membantu proses penyembuhan.

Itulah beberapa obat batuk gatal tenggorokan tradisional yang bisa Anda coba di rumah, selain obat alami diatas Anda juga bisa mencoba permen pereda tenggorokan, permen pelega tenggorokan dapat membantu mengeluarkan iair liur yang menjadi pemicu gatal pada tenggorokan. untuk mempercepat proses penyembuhan sebaiknya gunakan alat pelembab udara, sebab linkungan yang kurang lembab juga menjadi penyebab gatal di tenggorokan.

Jika obat batuk gatal tenggorokan diatas belum bisa menyembuhkan batuk Anda, dianjurkan segera lakukan perawatan medis dengan datang ke Dokter ahli untuk mendapatkan obat dari resep Dokter.

Sekian artikel dari saya tentang Obat Alami untuk mengatasi Tenggorokan Gatal , semoga bermanfaat dan terima kasih.
Jangan lupa untuk tetap berkunjung ke Nglaras-ati, untuk update artikel berikutnya.
Previous
Next Post »
0 Komentar