Bahaya batuk kering pada malam hari

Bahaya batuk kering pada malam hari – Batuk bisa menjadi batuk basah atau batuk kering. Batuk kering tidak menghasilkan dahak atau lendir, sedangkan batuk basah berlendir. Artikel ini berbicara tentang penyebab batuk kering pada malam hari, dan daftar beberapa langkah-langkah untuk menangani kondisi ini.

Waspada terhadap batuk kering pada malam hari

Batuk kering atau basah bukanlah penyakit, melainkan gejala dari beberapa kondisi medis lain yang mungkin mempengaruhi tubuh. Ini memang dapat mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari dari orang yang terkena. Dalam kebanyakan kasus, batuk kering (juga dikenal sebagai batuk non-produktif) biasanya memburuk pada saat malam hari.

Apa yang Menjadi Penyebab Batuk Kering?

Batuk kering bisa menjadi hasil dari beberapa kondisi yang mendasarinya. Mereka yang umumnya terkait dengan itu adalah sebagai berikut :

Postnasal Drip

Faktor umum di balik batuk kering yang biasanya memburuk pada malam hari adalah suatu kondisi yang disebut postnasal drip (rembesan pada saluran nasal). Hal ini terjadi ketika tubuh memproduksi lendir yang berlebihan, dan lendir ini berjalan ke bawah atau terakumulasi di bagian belakang tenggorokan. Cairan ini mengandung agen inflamasi, dan kehadirannya di tenggorokan biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman. Jadi, dua faktor ini dapat memicu batuk kering. Batuk dapat memburuk di malam hari ketika orang itu berbaring. Hal ini karena, dalam posisi ini, lendir yang berlebihan cenderung menetes ke dalam tenggorokan, memperburuk iritasi dan menimbulkan batuk.

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Jika batuk kering nokturnal disertai dengan sensasi panas pada dada (heartburn), peningkatan air liur, atau tenggorokan seperti terbakar, maka GERD kemungkinan besar pelakunya. GERD adalah kondisi kronis yang menyebabkan isi makanan termasuk asam lambung naik ke kerongkongan. Asam ini mengiritasi lapisan esofagus dan memicu rasa panas, yang biasanya menyebabkan batuk kering. Karena GERD adalah kondisi kronis, batuk yang disebabkan oleh hal ini juga tahan lama.

Batuk non produktif yang disebabkan oleh GERD biasanya memburuk pada malam hari saat tidur, karena itu asam dapat mengalir lebih mudah kembali ke kerongkongan.

Asma

Jika batuk kering yang terus berlanjut, semakin memburuk dengan disertai pilek atau flu, dan terjadi bersamaan dengan napas cepat/tersengal, kelelahan, dan nyeri dada, itu lebih mungkin gejala asma. Sekarang, pada beberapa orang, asma dapat terjadi terutama pada malam hari dan tidak di siang hari. Hal ini dikenal sebagai asma nokturnal. Jadi, itu adalah kondisi umum bagi orang-orang mengalami batuk kering malam hari. Namun, semua gejala tersebut dapat juga dipicu oleh kondisi lain dan bukan hanya asma.

Bronkospasme

Penyebab umum lainnya dari batuk kering yang sangat buruk di malam hari, adalah bronkospasme. Hal ini mengacu pada penyempitan saluran udara. Penyempitan ini disebabkan oleh penyempitan tiba-tiba otot-otot di dinding bronkus dan bronkiolus.

Penyebab lainnya

Kondisi lain yang berhubungan dengan batuk kering di malam hari atau batuk kering yang memburuk pada malam hari antara lain :

Alergi hidung

Merokok

Penyakit akibat virus

Tidur dalam ruangan yang kering

Paparan jangka panjang terhadap polutan dan iritasi

Tindakan Perawatan Diri

Pengobatan batuk kering tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Itulah sebabnya, sangat penting untuk menentukan apa yang menyebabkan batuk Anda, dan segera mengambil tindakan yang tepat untuk mengobati itu. Selain mengikuti saran dokter, langkah-langkah perawatan diri berikut dapat diambil untuk mengurangi ketidaknyamanan dan mengelola gejala.

1. Usahakan kepala Anda ditinggikan saat tidur. Gunakan bantal lebih dari biasanya.
2. Gunakan pelembab ruangan untuk meningkatkan kelembaban di kamar Anda.
3. Menghirup uap membantu melembabkan tenggorokan dan hidung, dan mengurangi iritasi. Tuangkan air panas di sebuah baskom dan menutupi kepala Anda dengan handuk. Pastikan handuk menutupi baskom juga. Kemudian, perlahan hirup uapnya.
4. Sebuah obat alami populer untuk mengelola batuk adalah mengunyah jahe. Setiap malam sebelum tidur, tempatkan sepotong jahe kecil di mulut Anda, dan mengunyahnya perlahan-lahan dan menelan airnya. Juga, Anda dapat mempersiapkan minuman dari jahe dan madu, dan menggunakannya setiap kali diperlukan.
5. Sebuah metode sederhana untuk mengurangi batuk dan menenangkan tenggorokan yang teriritasi, dengan berkumur dengan air garam. Campurkan 1 sendok makan garam meja dalam segelas air hangat, dan gunakan untuk kumur. Jangan ditelan. Hal ini dapat dilakukan beberapa kali sehari atau setiap kali tenggorokan Anda tersiksa oleh batuk.
6. Minum teh herbal dicampur dengan madu juga membantu dalam mengobati batuk kering. Ini tidak hanya membantu mengurangi batuk, tapi mendetoksifikasi tubuh, juga. Madu membantu dalam lapisan tenggorokan yang teriritasi, dan menekan batuk sampai batas tertentu. Teh thyme adalah teh herbal yang populer digunakan oleh banyak orang untuk mengobati batuk produktif dan non-produktif. Bisa ditambahkan ½ sendok teh madu.
7. Campurkan 1 sendok makan kecap manis dan sedikit air perasan jeruk nipis, aduk dan minum. Ini adalah obat tradisional turun-temurun yang digunakan untuk meredakan batuk kering dan penyakit umum lainnya.

Meskipun obat herbal berguna dalam mengobati berbagai jenis penyakit, sebelum menggunakan obat tersebut, pastikan selalu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Sekian artikel dari saya tentang Bahaya batuk kering pada malam hari, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Jangan lupa untuk tetap berkunjung ke Nglaras-ati, untuk update artikel berikutnya.
Previous
Next Post »
0 Komentar