Cek tekanan darah pria dan wanita


Tekanan darah normal – Saya akan membahas tentang tekanan darah normal, setiap orang mempunyai tekanan darah yang berbeda-beda tergantung kondisi tubuhnya masing-masing. Tekanan darah normal biasanya 120/80 sampai 140/85mm Hg, jika tekanan darah dibawah angkat tersebut berarti dia mengalami darah rendah sedangakan untuk orang yang memiliki tekanan darah melebihi batas tersebut dia bisa dikatakan memiliki tekanan darah yang tinggi. Jika tekanan darah normal tentunya anda semua bisa dikatakan sehat, tetapi jika tekana darah anda tidak normal anda harus melakukan pengobatan untuk menjadikan tekanan darah normal kembali.
Anda bisa melakukan tensi darah untuk mengetahui tekanan darah anda normal atau tidak, jika anda mengalami tekanan darah yang tidak normal sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter agar anda tahu hal apa yang harus anda lakukan untuk mendapatkan tekanan darah normal. Biasanya orang-orang yang mengalami darah rendah ataupun darah tinggi dikarenan mereka tidak melakukan pola hidup yang sehat, maka dari itu pentingnya melakukan pola hidup sehat untuk menghindari berbagai penyakit atau masalah kesehatan didalam tubuh. Saya akan memberitahu anda cara mengukur tekanan darah orang dewasa dan apa saja penyebab-penyebab seseorang mengalami tekanan darah yang tidak normal.
Beberapa Cara Mengukur Tekanan Darah Normal :
1. Pasien yang akan diukur tekanan darahnya harus dalam keadaan santai dan rileks.
2. Ikat kain tekanan darah pada bagian lengan atas kemudian tutup kunci kantup tensimeter.
3. Pompa alat tersebut sampai milimeternya diatas 200.
4. Stetoskop bisa diletakan dibagian dalam siku-siku.
5. Setelah itu dengarkan baik-baik dan kunci tensimeter bisa dibuka secara perlahan-lahan, jarum petunjuk tensimeter akan menunjukan angka tekanan darah pasien.
Masalah tekanan darah normal pada orang dewasa bisa dibagi menjadi dua yaitu tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau yang sering disebut hipertensi sangat berbahaya bagi kesehatana anda karena bisa mengakibatkan stroke bahkan kematian. Sedangkan untuk tekanan darah rendah yang nilai tensi darahnya dibawah normal bisa menimbulkan berbagai gejala yang akan membuat anda merasa tidak nyaman.
Saya akan memberitahu and apa saja penyebab-penyebab tekanan darah menjadi rendah dan tinggi, agar anda bisa mencegah hal-hal tersebut sehingga anda memiliki tekanan darah normal pada umumnya.

Tekanan Darah Normal

Penyebab Tekanan Darah Menjadi Rendah :
* Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab tekanan darah seseorang menjadi rendah, kurangnya cairan yang didalam tubuh manusia akan menyebabkan dehidrasi.
* Pendarahan merupakan penyebab tekanan darah menjadi rendah, kehilangan darah yang banyak akibat pendarahan secara otomatis akan membuat tekanan darah anda menjadi rendah.
* Inflamasi organ tubuh juga bisa menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah rendah, organ tubuh yang mengalami peradangan bisa membuat pembulu darah mengelilingi area inflamsi sehingga tekanan darah akan menjadi rendah.
* Otot jantung lemah merupakan faktor yang bisa membuat tekanan darah menjadi rendah, otot jantung yang lemah karena otot jantung gagal dalam memompa aliran darah dan itu bisa disebabkan oleh virus atau bakteri tertentu.
* Penyumbatan pembulu darah adalah faktor tekanan darah menjadi rendah, pembulu darah yang tersumbat akan menghambat aliran darah yang dipompa oleh jantung sehingga tekanan darah seseorang bisa menjadi rendah.
* Kehamilan ternyata bisa menyebabkan tekanan darah seseorang menjadi rendah dibawah normalnya, biasanya ibu hamil akan mengalami tekanan darah yang dibawah normal jadi ibu hamil harus rajin melakukan tensi darah ke dokter.
* Kurangnya nutrisi bisa menyebabkan tekanan darah menjadi rendah, bagi orang yang kekurangan nutrisi didalam tubuhnya biasanya tekanan darah akan menurun secara drastis.
Penyebab Tekanan Darah Menjadi Tinggi :
* Keturunan. Bukan hanya wajah atau harga yang bisa diturunkan ternyata penyakit darah tinggi juga bisa diturunkan, bagi orang tua yang mengalami penyakit darah tinggi kemungkinan bisa menurunkannya pada anak kandungnya.
* Usia. Faktor yang bisa menyebabkan darah tinggi adalah faktor usia, seiring bertambahnya usia seseorang maka secara otomatis tekanan darahnya akan menjadi naik.
* Garam. Orang yang menyukai asin biasanya akan rentang terkena penyakit darah tinggi karena garam bisa menyebabkan tekanan darah tinggi cepat naik apalagi bagi merekan yang sudah berusia tua dan penderita diabetes.
* Kolestrol. Orang yang mempunyai kolestrol tinggi biasanya akan mengalami tekanan darah yang tinggi, kandungan lemak yang berlebihan didalam tubuh akan menyebabkan pembulu darah menjadi menyempit dan tentunya akan mengakibatkan tekanan darahnya menjadi naik.
* Kurang Olahraga. Orang yang tidak pernah gerak dan melakukan olahraga sangat beresiko terkena penyakit darah tinggi, jarang melakukan olahraga akan mengakibatkan aliran darah didalam tubuh menjadi tidak lancar sehingga tekanan darah bisa sangat mudah untuk naik.
* Merokok.Orang yang aktif merokok akan beresiko pada tekanan darahnya, kebiasaan meroko secara otomatis akan membuat tekanan darahnya menjadi tinggi.
* Minuman alkohol. Minum alkohol secara berlebihan juga sangat tidak baik karena alkohol bisa menyebabkan tekanan darah seseorang menjadi naik dan melebihi batas normal.
Beberapa penyebab darah menjadi rendah dan tinggi diatas adalah kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan seseorang. Jika anda tidak ingin mengalami masalah tekanan darah tinggi ataupun renda sebaiknya anda melakukan pola makan yang sehat dan benar. Kurangi semua jenis makanan yang banyak mengandung lemak tinggi karena selain bisa menyebabkan tubuh anda menjadi gemuk makanan yang mempunyai kadar lemak tinggi akan mengakibatkan tekanan darah anda menajdi naik.
Anda juga harus melakukan berbagai olahraga secara teratur, selain bisa membuat tubuh anda menjadi bugas olahraga merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah berbagai penyakit terutama penyakit darah rendah dan penyakit darah tinggi. Olahraga akan membuat tekanan darah normal dan tentunya melakukan olahraga secara teratur bisa membuat tubuh anda sehat sampai usia tua nanti.

Previous
Next Post »
0 Komentar